Selasa, 05 Januari 2010

CIRI-CIRI PEMAIN SUPER


CIRI CIRI PEMAIN SUPER:
  1. Selalu melakukan defense dengan bagus, meskipun saat itu offense-nya sedang "off".
  2. Do hustles (lakukan desakan), berusaha sekuat tenaga merebut bola liar, melakukan box-out dan rebound.
  3. Mempunyai visi yang bagus, mampu mengamati keseluruhan lapangan, dan melakukan passing akurat ke teman yang mempunyai kesempatan lebih terbuka.
  4. Seorang ball-handler yang handal, melakukan turnover (kesalahan) se-minimal mungkin.(mending passing yang banyak)
  5. Bisa melakukan shooting dari luar (3 poin maksudnya)
  6. Bisa melakukan drive, "take it to the hoop". Tidak hanya bergantung pada shooting dari luar, atau kemampuan melakukan drive saja. Harus mampu melakukan keduanya dengan baik. Jika seorang pemain tidak bisa melakukan shooting dari luar, maka pemain defensive akan mencegah pemain tersebut melakukan drive. Sebaliknya, jika tidak bisa melakukan drive, pemain defensive akan melakukan penjagaan ketat yang akan mencegah pemain tersebut melakukan shooting dari luar. Tetapi, jika mampu menguasai keduanya, pemain defensive tidak bakal bisa mengunci pada kedua aspek tersebut.
  7. Selalu mencari kesempatan melakukan shooting. Tidak berhenti melakukan shooting hanya karena tidak berhasil memasukkan satu atau dua tembakan. Jika seorang pemain memulai pertandingan dengan "dingin", dia biasanya akan mulai panas dengan defense dengan baik, melakukan satu atau dua steal, dan memperoleh kesempatan lay-up mudah atau free throw. Kemudian shooting yang dilakukan akan mulai menghasilkan angka.
  8. Mampu mencetak angka lewat free throw
  9. Selalu menghindari foul trouble (kayak helmi, Uklik, Cokro, Haru, dll)
  10. Mempunyai kekuatan mental, mampu merasakan waktu-watku kritis dalam pertandingan dan mengangkat moral teman mainnya (terutama dalam melakakukan defense). Mau melakukan "hal sepele" yang dibutuhkan untuk memenangkan pertandingan, seperti melakukan passing ke teman yang lebih terbuka, melakukan screen yang sempurna, melakukan steal, dll. Tetap fokus, tidak mudah terpancing emosinya jika teman, lawan, atau ofisial pertandingan melakukan kesalahan. Bisa melupakan kesalahan dan tetap bermain dengan penuh semangat. Memahami situasi pertandingan, dan waktu.
  11. Menginspirasi dan memimpin teman-temannya melalui perbuatan, kerja keras di setiap latihan dan pertandingan. Pemain yang luar biasa bekerja lebih keras daripada pemain lainnya. Pemain luar tidak dilahirkan begitu saja, mereka menjadi luar biasa karena kerja keras dan dedikasi.
  12. Memahami konsep "tim" dan "keluarga". Diperlukan lebih dari sekedar kemampuan untuk menjadi tim juara. Sebuah tim harus mempunyai "chemistry", mempunyai tujuan bersama, dan saling menghormai, membantu, dan menyemangati antar komponen tim.
  13. Pemain luar biasa bersifat "coachable". Mampu mendengarkan dan bekerja sama dengan pelatih. Berani mencoba hal-hal baru dan selalu bersedia ketika pelatih membutuhkan seorang pemimpin, baik di dalam maupun di luar lapangan.(kayak Aldy Anwar ex playmaker SMANISDA)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Blogger Tips...

About Me

Foto saya
Prestasi yang pernah saya raih dalam membesut sebuah tim : Juara 1 DBL 2006 (SMAN 1 Sidoarjo) CBC Puri cup Juara 3 (SMA ANTARTIKA Sidoarjo Co) Liga Songo Juara 3 (SMAN 1 Sidoarjo) SMADA CUP juara 2 (SMAN 1 Sidoarjo) SMA 15 Cup Juara 1 (SMAN 1 Sidoarjo) POPDA SIDOARJO Juara 1 RAYON D(2006) CBC Puri CUP Juara 2 (SMAN 3 Sidoarjo Ce)2007 CBC Puri CUP juara 1 (SMAN 3 Sidoarjo ce)2008 POPDA SIDOARJO Juara 1 (2008) POPWIL Juara 1 (2008) POPNAS 4 besar 2009 PORPROV JATIM 2009 Semifinal

Pengikut