Rabu, 06 Januari 2010

POLA PENYERANGAN DALAM BOLA BASKET

Perkembangan basket dari tahun ketahun sangat pesat dan persaingan tim-tim basket dari tingkat sekolah sampai tingkat nasional semakin ketat, hal ini mendorong para pelatih untuk membuat strategi-strategi atau pola-pola permainan yang lebih kreatif dan inovatif,Pola penyerangan merupakan rencana penyerangan yang bertujuan untuk membentuk serangan yang lebih tajam, Pola penyerangan dalam bola basket dapat diklakukan dengan cara :


  • Set offens
Serangan yang direncanakan dan dibangun dari awal sampai penyelesaian akhirnya (finishing tought), merupakan kebalikan dari serangan fast break.

  • Fast break.
Serangan yang dilakukan secara serentak dan cepat sebelum lawan sempat membuat pola pertahanannya (mencapai balans pertahan).Tujuannya menempatkan satu atau dua orang penyerang dalam posisi bebas untuk mencetak poin.


  • Shuffele.
Suatu sistem penyeranagn yang dilakukan oleh semua pemain dari satu regu bergerak dsri satu posisi ketempat lain dengan teratur sesuai rencana guna membuka/mendapatkan kesempatan mencetak poin.
  • double pivot offence.
Cara menyerang suatu tim dengan menempatkan dua pemain masing-masing (biasanya pemain jangkung) berada jauh disudut daerah pertahanan lawan,satu diujung kiri dan satu diujung kanan.




  • Give and go weave.
Serangan bergerombol pergi dan datang. Cara menyerang suatu regu yang melibatkan lima pemain untuk terus bergerak sambil saling mengoper guna mencapai lubang pertahanan lawan. Playmaker:Pengatur serangan,biasanya dilakukan oleh seorang pemain inti.(ini enak banget kalo dilihat.............)




  • Drive,driving
Gerakan cepat dan agresif seorang penyerang yang mendribble bola sambil menerobos ke basket lawan dengan keinginan besar untuk mencetak poin. lebih baik dilakukan dengan tripletreat yang bagus.

selamat mencoba...........

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Blogger Tips...

About Me

Foto saya
Prestasi yang pernah saya raih dalam membesut sebuah tim : Juara 1 DBL 2006 (SMAN 1 Sidoarjo) CBC Puri cup Juara 3 (SMA ANTARTIKA Sidoarjo Co) Liga Songo Juara 3 (SMAN 1 Sidoarjo) SMADA CUP juara 2 (SMAN 1 Sidoarjo) SMA 15 Cup Juara 1 (SMAN 1 Sidoarjo) POPDA SIDOARJO Juara 1 RAYON D(2006) CBC Puri CUP Juara 2 (SMAN 3 Sidoarjo Ce)2007 CBC Puri CUP juara 1 (SMAN 3 Sidoarjo ce)2008 POPDA SIDOARJO Juara 1 (2008) POPWIL Juara 1 (2008) POPNAS 4 besar 2009 PORPROV JATIM 2009 Semifinal

Pengikut